Minggu, 11 Maret 2012

Seni Kerajinan Bambu

Hari ini Minggu 11 Maret 2012, saya jalan-jalan ke Kemutug Kidul, Baturraden Purwokerto. Desa ini dari dulu terkenal sebagai penghasil kerajinan bambu. Hampir 75% masyarakat desa Kemutug Kidul menggantungkan hidup dari usaha ini, baik sebagai pengrajin, pengepul maupun pemasar. Secara tidak langsung 75% perekonomian desa disumbang dari seni kerajinan bambu. Namun (tanda kutip) ..pelaku industri kecil ini sudah berjalan baik.…terutama untuk yang sudah maju, sehingga persaingan antar pengrajin ketat..cenderung kurang sehat. Hal ini yang menyebabkan asosiasi atau koperasi tidak ada atau sulit diwujudkan. Barangkali kondisi seperti ini yang menyebabkan perhatian pemerintah daerah terlihat kurang., dulu katanya sih.. sering ada bantuan dan pembinaan, tapi karena program tidak berjalan sesuai harapan, kelihatannya perhatian pemerintah jadi berkurang.
Padahal kalau kita lihat, seni bambu sudah menjadi home industry, seperti tampak pada gambar.


Untuk informasi saja, sofa (risban) bambu (gambar bawah), harga mentah di tingkat pengrajin sekitar Rp.55.000,-, harga setelah finishing sekitar Rp. 95.000,-, harga pasar di Jawa ± Rp. 120.000,-, luar Jawa ± Rp. 300.000-350.000,-. Pemasaran kerajinan bambu Kemutug sekarang sudah merambah Sumatra, Kalimantan, bahkan Sulawesi.


Pengrajin yang memiliki komitmen untuk menghasilkan seni bambu dengan estetika tinggi memang tidak banyak.., alasannya karena harga tidak masuk dilihat dari biaya produksi, terutama dari sisi waktu pengerjaanya. Sebenarnya kalau konsumen bisa menghargai nilai seninya, membuat produk apapun tidak masalah…asal ada spesifikasi dan terutama ada contoh gambar. Memang harga terlihat cukup tinggi, karena bahan bakunya sekarang sudah mahal. Untuk finishing, kalau mau hasilnya bagus bahan finishing yang digunakan bisa lebih mahal dari bahan untuk produk kayu. Produk yang sering dikerjakan misalnya pernak-pernik rias manten (konsep bambu tentunya..), meja kursi, tempat tidur, gazebo, sampai rumah/saung bambu.
Untuk Agan-agan yang tertarik seni bambu dari Kemutug Lor Baturraden, saya merekomendasikan Sunar (soalnya saya pernah pakai, taste seninya lumayan bagus) , kalau tertarik silahkan hubungi langsung di 081548211427.
Contoh produk, ada gambarnya dibawah gan!

Meja kursi belajar sederhana (bahan bambu wulung, bisa bambu tali sesuai selera) kisaran harga Rp. 700.000,-

Gazebo kayak gini Gan..(3 m x 3 m) kisaran harga Rp. 8.000.000,- (gentengnya yang bikin mahal maybe…)


Saung 8 m x 6 m, dulu tahun 2005 harganya sekitar Rp. 20 jt (tanpa genting).
Silahkan kalau Agan-agan berminat, contact sendiri aja..
Maaf..sudah dhuhur,  saya tutup perjalanan hari ini.
Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi..

Regards,
d.mange


Tidak ada komentar:

Posting Komentar